Konsumsi dari Internet
Apa yang kalian
konsumsi dari Internet hari ini?
Dilihat
dari situasi saat ini sejak pandemi Covid-19, penggunaan internet mengalami
pertumbuhan yang luar biasa, pengguna internet di negeri ini meningkat 17% atau
25 juta. Kenapa begitu? Karena menurut saya sejak adanya pandemic ini semuanya
dianjurkan untuk bekerja dirumah atau work from home. Dan juga tentunya,
mengingat pemerintah tidak memperbolehkan sekolah atau kampus dibuka kembali, sehingga
sistem pembelajaran harus dilakukan secara online. Penggunaan Internet semakin
mendominasi dunia.
Generasi Z adalah generasi yang paling
mengandalkan pemanfaatan teknologi. Pengguna internet di Indonesia didominasi
oleh kaum milenial/ generasi Z. Survei terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa
Internet Indonesia (APJII) pada Oktober 2016 menunjukkan bahwa 80% atau sekitar
25 juta pengguna Internet di Indonesia berusia antara 25-29 tahun, dan sekitar
72% pengguna berusia 30- Berusia antara 34 tahun (tirto.id).Sebagai generasi Z,
kita berharap banyak prestasi dalam memanfaatkan internet.
Prioritas
pertama adalah akses mudah ke media apapun. Kita tahu bahwa kecepatan internet
dipengaruhi oleh beberapa faktor, sehingga ketika kita memang membutuhkan
internet, kita sulit mengakses internet karena faktor cuaca (seperti angin
kencang), belum lagi saat lampu mati, kekuatan sinyal biasanya berkurang atau
bahkan hilang.
Prioritas
kedua adalah aplikasi. Mengingat sistem pembelajaran saat ini menggunakan
sistem online maka dibutuhkan aplikasi yang dapat mendukung pembelajaran,
seperti Google classroom, zoom conference, podcast, e-learning, webex, youtube
live dan whatsapp. Namun ternyata aplikasi tersebut masih kurang efektif,
karena beberapa mata kuliah memerlukan latihan tatap muka, seperti latihan,
sehingga diperlukan aplikasi yang tepat untuk mendukung pembelajaran tersebut.
Prioritas
Ketiga adalah privasi. Hak privasi diperlukan saat menggunakan media karena
mempengaruhi citra diri, sehingga untuk semua platform digital, sistem keamanan
harus diperkuat kembali.
Komentar
Posting Komentar