New Media Iklan

 

PROFIL KONSUMEN MENENGAH

A.      Daftar pertanyaan wawancara : 

 

1.       Bagaimana harapan dan cita-cita? 

Jawaban: 

Cita – citanya sebagai Fotografer harapannya ingin mempunyai perusahaan sendiri dan mengendalikan perusahaan tersebut.

2.       Faktor penting dalam kehidupan? 

Jawaban: 

Kesehatam, keluarga dan support dari orang – orang

3.       Persepsi hidup? 

Jawaban: 

Don’t Judge people by cover dan lebih baik sakit mendengar kejujuran daripada bahagia diatas kebohongan

4.       Norma dan nilai yang dianut? 

Jawaban:

Sopan santun dan menghargai.

5.       Motivasi hidup? 

Jawaban:

Ora obah ora mamah

6.       Pola manajemen aset?

 Jawaban: 

-          membeli barang – barang yang dibutuhkan saja

-          investasi ke hal – hal yang nilainya bakalan naik

-          memisah – misahkan uang ke dalam tabungan, ke tabungan darurat, tabungan kebutuhan sehari – hari, tabungan tak terduga agar terhindar dari hutang

-           

B.      Narasumber akan menjadi konsumen yang seperti apa? 

    Pada kesempatan kali ini, saya mewawancarai seorang teman saya yang bernama syana (disamarkan). Narasumber merupakan seorang pengusaha kuliner dan fashion. Berdasarkan jawaban dari narasumber, harapan dan cita-citanya adalah  menjaadi fotografer dan juga memiliki perusahaan diatas naungannya sendiri. Faktor terpenting menurut narasumber yaitu Kesehatam, keluarga dan support dari orang – orang terdekat.

    Narasumber memiliki persepsi “Don’t Judge people by cover” dan lebih baik sakit mendengar kejujuran daripada bahagia diatas kebohongan. Nilai dan norma yang dianut adalah Sopan santun dan saling menghargai satu sama lain. Narasumber juga memaparkan mengenai motivasi hidup, menurutnya motivasi hidupnya yaitu “ora obah ora mamah” yang dapa diartikan bahwa narasumber adalah seorang pekerja keras. Selain itu, narasumber juga memaparkan tentang manajemen aset. Narasumber lebih memilih untuk menyimpan dan menabung uangnya daripada membeli hal – hal yang tidak berguna. Narasumber selalu merekap cashlow (pemasukan dan pengeluaran), memisahkan pemasukan ke tabungan, tabungan darurat, tabungan tak terduga, dan tabungan kebutuhan sehari-hari agar terhindar dari hutang. Narasumber juga tidak lupa untuk investasi.

    Berdasarkan wawancara diatas, narasumber merupakan tipe konsumen yang lebih mengedepankan kualitas dan kegunaan barang meskipun harga yang ditawarkan lebih mahal. Hal ini terbukti berdasarkan pernyataan narasumber mengenai cara management uang narasumber yaitu Narasumber lebih memilih untuk menyimpan dan menabung uangnya daripada membeli hal – hal yang tidak berguna. Maka kualitas dan kegunaan produk sangatlah penting.

C.      Produk yang cocok dengan narasumber 

    Menurut pendapat saya, narasumber cocok untuk membeli produk Tas Hermes. Karena kualitas dari tas tersebut bagus walaupun harga yang cukup mahal dan tas sebut juga berguna untuk narasumber, seperti contohnya menyimpan dompet di dalam tas, menyimpan hal – hal yang akan dibawa narasumber jika hendak keluar untk refreshing, kerja atau hanya jalan – jalan saja. Narasumber juga selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran di dalam note, dan note itu bisa ditaruh ke dalam tas tersebut.

 

Komentar

Postingan Populer