New Media Iklan
PROFIL KONSUMEN
MENENGAH
A.
Daftar pertanyaan wawancara :
1.
Bagaimana harapan dan cita-cita?
Jawaban:
Cita – citanya sebagai Fotografer harapannya ingin mempunyai
perusahaan sendiri dan mengendalikan perusahaan tersebut.
2.
Faktor penting dalam kehidupan?
Jawaban:
Kesehatam, keluarga dan support dari orang – orang
3.
Persepsi hidup?
Jawaban:
Don’t Judge people by cover dan lebih baik sakit mendengar
kejujuran daripada bahagia diatas kebohongan
4.
Norma dan nilai yang dianut?
Jawaban:
Sopan santun dan menghargai.
5.
Motivasi hidup?
Jawaban:
Ora obah ora mamah
6.
Pola manajemen aset?
Jawaban:
-
membeli barang – barang yang dibutuhkan saja
-
investasi ke hal – hal yang nilainya bakalan
naik
-
memisah – misahkan uang ke dalam tabungan, ke
tabungan darurat, tabungan kebutuhan sehari – hari, tabungan tak terduga agar
terhindar dari hutang
-
B.
Narasumber akan menjadi konsumen yang seperti
apa?
Pada kesempatan kali ini, saya
mewawancarai seorang teman saya yang bernama syana (disamarkan). Narasumber
merupakan seorang pengusaha kuliner dan fashion. Berdasarkan jawaban dari
narasumber, harapan dan cita-citanya adalah menjaadi fotografer dan juga memiliki
perusahaan diatas naungannya sendiri. Faktor terpenting menurut narasumber
yaitu Kesehatam, keluarga dan support dari orang – orang terdekat.
Narasumber memiliki persepsi “Don’t Judge
people by cover” dan lebih baik sakit mendengar kejujuran daripada bahagia
diatas kebohongan. Nilai dan norma yang dianut adalah Sopan santun dan saling
menghargai satu sama lain. Narasumber juga memaparkan mengenai motivasi hidup,
menurutnya motivasi hidupnya yaitu “ora obah ora mamah” yang dapa diartikan
bahwa narasumber adalah seorang pekerja keras. Selain itu, narasumber juga
memaparkan tentang manajemen aset. Narasumber lebih memilih untuk menyimpan dan
menabung uangnya daripada membeli hal – hal yang tidak berguna. Narasumber
selalu merekap cashlow (pemasukan dan pengeluaran), memisahkan pemasukan ke
tabungan, tabungan darurat, tabungan tak terduga, dan tabungan kebutuhan
sehari-hari agar terhindar dari hutang. Narasumber juga tidak lupa untuk
investasi.
Berdasarkan wawancara diatas, narasumber
merupakan tipe konsumen yang lebih mengedepankan kualitas dan kegunaan barang
meskipun harga yang ditawarkan lebih mahal. Hal ini terbukti berdasarkan
pernyataan narasumber mengenai cara management uang narasumber yaitu Narasumber
lebih memilih untuk menyimpan dan menabung uangnya daripada membeli hal – hal yang
tidak berguna. Maka kualitas dan kegunaan produk sangatlah penting.
C.
Produk yang cocok dengan narasumber
Menurut pendapat saya, narasumber cocok
untuk membeli produk Tas Hermes. Karena kualitas dari tas tersebut bagus
walaupun harga yang cukup mahal dan tas sebut juga berguna untuk narasumber, seperti
contohnya menyimpan dompet di dalam tas, menyimpan hal – hal yang akan dibawa
narasumber jika hendak keluar untk refreshing, kerja atau hanya jalan – jalan saja.
Narasumber juga selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran di dalam note, dan
note itu bisa ditaruh ke dalam tas tersebut.
Komentar
Posting Komentar